Fiqih Islam dari Al-Kitab dan As-Sunnah Jilid 1 = Ar-Raudhah An-Naddiyyah Syarh Ad-Durar Al-Bahiyyah

Fiqih, dalam agama Islam termasuk disiplin ilmu yang sudah seharusnya setiap orang berlomba-lomba dan berusaha untuk mencapainya. Karena, ilmu fiqih akan menghasilkan perbaikan dalam kehidupan dunia dan akhirat setiap hamba. Dengan ilmu tersebut, seorang hamba akan memperoleh petunjuk menuju jalan yang lurus, sehingga ilmu tersebut bermuara pada kemenangan dan kebahagiaan, dimana seorang hamba dapat menegakkan segala yang menjadi kewajibannya.

Buku ini adalah salah satu hasil karya Syaikh Shiddiq Hasan Khan. Beliau merupakan salah seorang ulama terkemuka yang meniti jejak Rasulullah SAW dalam berdakwah menyebarkan risalah. Buku ini merupakan terjemahan dari kitab Ar-Raudhah An-Naddiyyah Syarh Ad-Durar Al-Bahiyyah terbitan Dar At-Turats. Rujukan lainnya juga diambil dari kitab yang sama terbitan Asy-Syu` un Ad-Diniyah bi Daulah Qatar, juga tambahan rujukan terbitan Dar Ibnu Hazm, dan rujukan yang terbit paling akhir yaitu kitab At-Ta’liqaat Ar-Radhiyah ‘ala Ar-Raudhah An-Nadiyah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albaniy rahimahullaahu, tahqiq Syaikh Ali Hasan Al-Halabi Al-Atsary hafizhahullaahu. Selain beberapa rujukan di atas, terdapat pula penjelasan penting yang belum terdapat di kitab aslinya yang bersumber dari kitab-kitab rujukan lain.

Pada buku “Fiqih Islam: dari Al-Kitab dan As-Sunnah Jilid 1” ini, beberapa hal yang dibahas adalah mengenai tata cara wudhu, tayammum, mandi, hingga adab bug hajat. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan shalat, mulai dari waktunya, adzan, syarat, tata cara, hingga pembatal-pembatalnya, dan diakhiri dengan pembahasan tata cara penyelenggaraan jenazah.

Leave a Reply